1


Curhat Teknis (Text to Path pada Inkscape)
Logo ini dibuat menggunakan inkscape 0.48.1. Dan tulisan SMK Wikrama 1 Jepara dibuat melingkar dengan menggunakan text to path. Jika anda adalah pengguna corelDRAW mungkin tidak terlalu kesulitan dalam menaruh text ke dalam path karena sejumlah opsi yang tersedia (seperti flip text dll). Pada inkscape hal ini agak sedikit, err, tricky.

Pertama-tama, harap dimaklumi karena saya pemula 

Beginilah cara saya:
- siapkan objek lingkaran dan text


- seleksi lingkaran dan text kemudian mampirlah ke toolbar: text>put on path



- setelah put on path diklik hasilnya ada pada (1). Karena munculnya tidak di tempat yang saya harapkan maka saya rotate ((2)klik dua kali hingga muncul tanda panah melengkung untuk rotasi) dan hasilnya ada pada (3).

- Text belum melingkar sempurna, jadi saya scale lingkaran supaya jadi lebih kecil dan text tetap mengikuti bentuk lingkaran (4). Karena lingkaran hanya berupa garis bantu maka saya set warna garis sebagai transparan (5). cara set warna garis, kunjungi toolbar: object>fill and stroke>stroke paint, pilih tanda silang (no paint).

- Bagaimana jika ingin tulisannya di dalam lingkaran? tinggal flip saja lingkarannyasehingga text berada di dalam lingkaran (6).

- Untuk mengedit jarak antar huruf bisa dilakukan ketika text tool masih aktif, sehingga properties barnya masih tampak pada gambar berikut:

tambah nilai pada spacing between letters sampai jarak hurufnya sesuai dengan yang diinginkan.

contoh bagaimana trik text to path dengan memainkan spacing between lettersditerapkan:


demikianlah u_u, selamat mencoba.
Kalau ada yang protes soal judul postingan ini, silahkan juga *melipir

Post a Comment

 
Top