0


Kali ini kita akan membahas sedikit tentang CMS Formulasi. Langsung saja silahkan baca di bawah ini !!

CMS Formulasi adalah sebuah sistem manajemen konten (Content management system)yang dapat anda peroleh secara gratis, sebuah sistem sederhana yang kali pertama dibangun dari nol oleh sdr. Ari Rusmanto yang diberi nama Shoolhos. Seiring berjalannya waktu CMS ini ada beberapa perbaikan kode oleh sdr. Fauzan A Mahanani kemudia berubah nama menjadi CMS Formulasi.
Saat ini banyak sekali layanan pembuatan website baik yang gratisan maupun berbayar. Ambil contoh saja Blogger, layanan blog 100% gratis milik Raksasa Internet Google ini dapat menjadi media bagi sekolah untuk memperkenalkan diri kepada "dunia luar". Dengan keamanan yang sangat terjamin dan fasilitas yang cukup lengkap. Akan tetapi, untuk kebutuhan sekolah yang cukup komplek terutama untuk SMP, SMA, dan SMK, sekolah membutuhkan engine website tersendiri yang mampu menjangkau seluruh kebutuhan sekolah, dari database guru, perpustakaan online, PPDB Online, berita, hingga alumni sekolah. Kita mungkin telah mengenal engine Wordpress, Joomla, atau Drupal. Mereka memang memberikan layanan yang cukup prima bagi pengelola website baik umum atau sekolah. Yang perlu kita ketahui dan sadari adalah ada karya hebat anak bangsa dalam membangun mesin website untuk sekolah yang sangat canggih dan lengkap, bahkan anda tidak perlu lagi mencari modul/ plugin untuk PPDB Online, Database guru, E-learning, Digital Library, hingga template. CMS Formulasi merupakan engine CMS yang cukup lengkap dan telah banyak digunakan oelh sekolah-sekolah di Indonesia, utamanya lagi adalah CMS ini buatan anak bangsa. Dibawah naungan LPMP Provinsi Jawa Tengah, CMS Formulasi mulai menunjukkan tajinya sebagai mesin CMS yang cukup lengkap dan canggih.

Fitur-fitur CMS Formulasi


  • Pengelolaan Yang Mudah ==> Back Office yang sederhana dan mudah memberikan keleluasaan bagi operator untuk mengelola isi website sekolah yang optimal. Back Office menggunakan bahasa Indonesia.
  • Berita Sekolah ==> Pengaturan berita sekolah yang dikelompokan berdasarkan kategori berita serta dilengkapi dengan fitur kata kunci (keyword) dan komentar oleh pembaca.
  • Search Engine Friendly URL ==> URL merupakan salah satu komponen yang penting dalam meningkatkan pencarian terkait dengan kata kunci di mesin pencarian.
  • Album Foto==> Pengelolaan Galeri Photo yang dipergunakan sebagai visualisasi kegiatan dan moment sekolah yang telah dioptimasi.
  • Buku Tamu ==> Tersedia layanan buku tamu sebagai fasilitas komentar pengunjung. Layanan ini dilengkapi dengan fasilitas tanggapan dari operator.
  • E-learning ==> Tersedia fasilitas Latihan Soal online dalam bentuk Multiple Choice yang dibuat oleh guru, yang kemudian latihan soal ini bisa dijawab oleh siswa.
  • PSB Online ==> Tersedia fasilitas Penerimaan Peserta Didik Baru yang mudah dikelola oleh admin dengan bentuk laporan yang bisa di download dalam bentuk MS Excel.
  • Artikel ==> Kontribusi artikel yang disumbangkan oleh anggota komunitas (guru, siswa dan alumni) dapat memberikan informasi yang lebih baik dan bermanfaat kepada khalayak ramai dan dunia pendidikan
  • Sistem Informasi ==> Tersedianya layanan informasi resmi sekilas statistik sekolah/data pokok pendidikan yang realtime dan uptodate untuk dapat dipergunakan oleh pihak yang berkepentingan.
  • Search ==> Fasilitas untuk melakukan pencarian/penelusuran arsip berita, arsip artikel maupun arsip berkas yang disiapkan pada halaman depan.
  • Online Chat ==> Guru dan siswa dapat berkomunikasi secara aktif dengan menggunakan fasilitas chatting sehingga menambah keakraban komunikasi antara guru dan siswa.
  • Tema Website Sekolah ==> Kami menyiapkan tema tampilan website yang menarik dan bisa dipilih oleh operator sesuai dengan keinginan. Kami akan terus membuat dan menambahkan tema-tema yang baru.
  • Yahoo Messenger Status ==> Menampilkan status terkini layanan Yahoo Messenger yang ditampilkan pada halaman depan, sehingga pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan operator.


Sekarang kita akan menuju ke langkah-langkah instalasi cms Formulasi,ikuti langkah berikut :

1. Buka Terminal dan masuk sebagai super user
2. Download Paket CMS Formulasi disini ,atau bisa juga lewat terminal

#wget http://ncu.dl.sourceforge.net/project/cmsformulasi/core/Versi%202/cms_formulasi_lite_2_1_0.zip
3. Buat directory formulasi di /var/www
#mkdir /var/www/formulasi
4. Pindah/copy paketnya tadi ke directory formulasi. Disini saya pakai nautilus





5. Ekstrak paketnya

#unzip cms_formulasi_lite_2_1_0.zip
6. Setelah itu beri hak akses pada directory formulasi
#chown -R www-data:www-data formulasi
7. Masuk ke phpmyadmin pada web browsermu,lalu login. Jika sudah,buat database. Misalnya dengan nama formulasi



8. lalu masuk ke instalasi CMS Formulasi dengan cara ketik localhost/formulasi

9. Kemudian kamu akan masuk ke tampilan awal instalasi seperti pada gambar dibawah ini. Centang "Saya telah membaca...",lalu klik install



10. Isi kolom yang tersedia sesuai database yang kamu buat,lalu klik install



11. Pilih jenis website yang akan kamu install,misal kita akan menginstall website sekolah. Lalu klik Lanjut



12. Isi kolom yang tersedia sesuai profile/identitas administrator yang akan kamu gunakan. Kemudian klik Lanjutkan



13. Isi kolom sesuai Identitas sekolah yang akan kamu buat

14. Klik Selesai



15. Sekarang,masukkan username dan password yang sudah kamu buat tadi untuk login





 16. Kemudian kamu akan masuk pada tampilan awal CMS Formulasi





Sekian postingan untuk kali ini,semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top